Selasa, 15 Agustus 2017



RANGKUMAN BUKU
ILMU PENGETAHUAN
POPULER

JUDUL:
DUNIA BINATANG
YANG MENGAGUMKAN
KARYA:
WAHYU DEWANTO
                                 
                                  
























BAB 1
Binatang dan Penyebarannya
         

Manusia hidup di bumi tergantung dari tumbuh-tumbuhan dan binatang. Oleh karena itu, kehidupan tumbuh-tumbuhan serta binatang harus kita lestarikan. Kita boleh memanfaatkan binatang dan tumbuh-tumbuhan untuk keperluan kita. Tetapi kita tidak boleh memusnakannya. Kita tidak diperkenankan menebang pohon sendiri.

Kita jangan membunuh binatang dengan semena-mena,kecuali,yang berkembang biak dengan cepat. pemerintah Indonesia mengadakan perlindungan terhadap sejumlah jenis binatang tertentu. Beberapa jenis binatang yang dilindungi tersebut, misalnya harimau, gajah, banteng, badak, orang utang, jalak bali, dan cenderawasih. Para ahli memperkirakan bahwa binatang serta tumbuh-tumbuhan yang hidup di bumi ini jumlahnya sekitar 1,5 juta jenis.

Lautan yang sekarang ini ada mungkin merupakan rintangan persebaran binatang. Dizaman dahulu lautan tersebut belum ada. Sebagai contoh, kuda merupakan binatang menyusui (mamalia) Amerika utara. Demikian pula binatang dan yang berkantong (marsupialia) yang sampai di Australia.Pada abad ke-15 terjadi penjelajahan dunia secara besar-besaran yang di lakukan masyarakat Eropa.

Pada abad ke-19 penemuan-penemuan baru tentang kehidupan binatang dan alam ingkungan banyak terjadi. Berbagai binatang dari jenis yang jauh berbeda terbagi dalam satuan-satuan wilayah yang besar. Setiap wilayah menunjukkan persamaan fauna (binatang).Zoologi ialah ilmu yang mempelajari kehidupan binatang. Zoologi tersebut kurang lebih bertepatan dengan benua yang ada sekarang ini. Perbedaan fauna di sebabkan oleh rintangan fisik, misalnya gunung,sungai,laut.Binatang dari amerika Utara menyeberang ke Amerika selatan. Misalnya tapir yang sampai sekarang masih ditemukan di sana.Binatang hanya dapat hidup di tempat tertentu acapkali disebabkan karena masalah makanan. Panda raksasa Asia hanya dapat hidup di daerah  yang memiliki tumbuhan bambu karna bambu adaah makanannya.Beruang kutub hanya terdapat di daerah Arletik atau kutub utara. Tempat khusus seekor binatang dalam masyarakatnya, hubungan dengan habitatnya,makanan,serta musuhnya di sebut relung.




BAB 2
Enam Wilayah Hunian


Pembagian  wilayah pada tahun 1876 disempurnakan dan disusun lebih rinci oleh Alfred Russel Wallace, seorang cendekiawan, bersama Charles Darwin seorang pakar ilmu pengetahuan dari Inggris. Pembagian enam wilayah hunian tersebut sebagai berikut
A.  Wilayah Neartik
Wilayah ini mencakup daerah Amerika Utara, termasuk New Foundland dan Greenland atau Tanah hijau. Binatang utamanya ialah karibu, sapi kesturi, lemus, Terwelu Artik, serigala,  cerpelai, Bajing  darat  Artik,  Beruang  Kutub dan  Burung  Hantu   Salju. Di sela-sela 
hutan pohon runjung yang tinggi itu didiami oleh binatang-binatang rusa tanduk besar, rusa bagal, landak, kelinci sepatu salju, musang bangkai, dan link.
B.  Wilayah Paleartik
Wilayah Paleartik meliputi Benua Eropa dan Asia(Erasia). Binatang yang ada di wilayah ini masih berhubungan erat dengan wilayah Neartik seperti link,musang bangkai,dan rusa. Binatang khasnya adalah Antilop Tibet, singa, gazelle gondok, keledai liar, unta, Bajing darat Eropa, jerboa Asia dan jakal.
C.  Wilayah oriental
Wilayah oriental meliputi daerah india,indoina Selatan,Sri Lanka,sebagian Indonesia yaitu pulau Sumatra,jawa, Kalimantan, ditambah pulau Formosa di jepang, dan juga pilipina.Wilayah Oriental kebanyakan meliputi daerah tropik atau daerah berhawa panas.Binatang wilayah Oriental misalnya wau-wau, orang utang, monyet, gajah India,tapir, badak berculah satu, badak bercula dua, harimau beruang, kukang, rusa, antilop, ayam, ular berbisa, dan berbagai bengkarung.
D.  Wilayah Neotropik
Wilayah Neotropik meliputi Benua Amerika Selatan, termasuk Meksiko dan kepulauan Karibia. binatangnya sangat khas terutama jenis rodensia (binatang pengerat). Daratan Amerika terbagi dalam 3 jenis daerah, yaitu hutan tropis, padang rumput, dan gurun.
E.  Wilayah Ethiopia
Wilayah ini meliputi Benua Afrika, ditambah pulau Madagaskar dan bagian selatan Arbia .Wilayah Ethiopia terdiri atas daerah hutan tropik, sabana,atau padang rumput,dan gurun pasir.
F.   Wilayah Australia
 Wilayah ini mencakup Benua Australia,Selandia,Tasmani,Irian,pasifik selatan wilayahnya terbagi dalam daerah gurun,sabana,dan tropik.



                                                         BAB 3
Semua yang Hidup Harus Makan


     Bila dilihat dari jenis makanannya, semua binatan di bumi ini dapat dibagi manjadi dua kelompok. Pertama ,kelompokbinatang pemakan tumbuh-tumbuhhan termasuk rumput dan padi-padihan. Kedua, kelompok binatang pemakan daging.
A.    Pemakan Daging
Pemburu harus lebih cerdik dari mangsa yang diburu. Seperti ikan hiu, burung elang harimau, singa, dan cheetah adalah juara-juara berburu.
B.     Pemakan Serangga dan Cacing
Ada jenis binatang pemakan daging yang mangsanya terdiri atas binatang-binatang kecil seperti serangga dan cacing. Seperti ikan,  binatang amphibi, kodok, binatang melata, kadal, penyu,
C.      Parasit dan Pemakan Bangkai
Ada jenis binatang yang makan atau hidupnya dengan cara manghisap darah binatang lain.seperti Kutu yang menempel di badan burung, Pinjal, ikan Lampre, Vampire (kelelawar).ada pula yang mencari makannya dengan cara memakan bankai binatang yang sudah mati. Seperti burung hering,hyena.
D.    Pemakan Tumbuh-tumbuhan
Tumbuh-tumbuhan yang melimpah di mana-mana ini telah dimanfaatkan oleh berbagai jenis binatang sebagai makanannya. Seperti kuda, lembu, kerbau, kijang, beruang, kanguru, rusa, gajah, badak, ikanManatee, dll.
E.     Pemakan campuran
Binatang pemakan daging ternyata ada pula yang melengkapi makanannya dengan memakan tumbuh-tumbuhan. Misalnya beruang, kodok, dan raccon,dan tikus tanah.


           








BAB 4
Berkembang  Biak dan Mengurus Anak


1.      Cara binatang berkembang biak itu ada empat macam:
a.      Bertelur di DalamAir
Umumnya ikan berkembang biak di air dengan cara bertelur di dalam air, ada juga jenis ikan yang berkembang biak dengan cara melahirkan anaknya, contohnya ikan hiu, ikan paus, dan ikan pari.
a.      Bertelur di Daratan
Jenis binatang yang pertama kali bertelur di daratan ialah binatang melata, contonya beberapa jenis kadal, ular, buaya, kura-kura, ayam, dan burung.
b.      Beranak di Dalam Air
Walaupun kebanyakan ikan itu bertelur, tetapi ada juga jenis ikan yang melahirkan anak, seperti ikan hiu, lumba-lumba, ikan paus, bereng bereng,dungong,dan manatee.
c.       Beranak di Daratan
Binatang menyusui, misalnya kuda, sapi, kerbau, babi, kucing, binatang amhpibi.

2.      Cara Binatang Mengurus Anaknya
Tidak berbeda dengan manusia, binatang juga memiliki kasih sayang terhadap anak-anaknya.semua ini dinyatakan dalam perilaku bahwa si induk atau si bapak selalu mengurusi anak-anaknya, misalnya kucing yang selalu memindah-mindahkan anak-anaknya dengan cara digondol ke sana-kemari. Ada juga ikan lele yan selalu menyimpan telurnya di muut sampai telur itu menetas. Jenis ikan akuarium yang disebut gouramis membuat sarang gelembung untuk telurnya.
jenis kadal yang selalu menunggu telur telurnya menetas. Dari berbagai jenis binatang itu, pada umumnya dalam hal pengurusan terbaik terhadap anak-anaknya adalah binatang menyusui. Bukan saja itu binatang ini mengurusi anaknya sampai hampir dewasa, tetapi juga selalu memberi susu dari tubuhnya sendiri.









BAB 5
Indra Binatang


Untuk dapat mengetahui keadaan sekitar, mencari makanan, dan menghindari musuh, setiap binatang bergantung pada alat-alat indranya.
Ada lima alat indra pada binatang, yaitu:peraba, perasa, penglihatan, pencium, dan pendengar. burung hantu,selain memiliki penglihatan yang sangat tajam, juga pendengaran yang sangat peka.
 Penglihatan merupakan indra terpenting bagi binatang pemakan daging (karnivora).  Landak dapat melihat warna kuning, musang warna merah, dan hijau, katak data melihat warna biru, sedangkan simpase (kera) dapat melihat warna seperti yang di lihat oleh manusia.
 Binatang menyusui, burung, ikan, dan amphibi memiliki pendengaran yang sangat baik. Anjing dapat mendengar bunyi yang tidak dapat didengar oleh manusia karena nadanya yang sangat tinggi. Binatang menyusui ,ikan, dan , serangga sangat tajam daya penciumannya. Seekor anjing data melacak larinya rubah hanya dengan cara mencium baunya.
Indra peraba juga sangat penting bagi binatang, terutama untuk jenis serangga. Alat seperti antena yang menjulur dari tubuhnya itu tidak lain merupakan indra peraba yang tajam. Ular dan nyamuk dapat menemukan mangsanya secara tepat dengan cara mengetahui panas tubuh si mangsa.
 Kita semua tentu tidak menduga kalau indra binatang ternyata sangat mengagumkan cara bekerjanya. Percobaan-percobaan dan penelitian itu berlangsung di lapangan tempat binatang tersebut hidup dan juga di laboratorium tempat penelitian.












BAB 6
Membangun Rumah


Sebagian besar binatang hidup dengan cara mengembara. Binatang itu berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lain untuk mencari makanan. Ada juga jenis binatang yang membangun rumah secara tetap untuk di tempati selama bertahun-tahundengan keturunannya. Burung membuat sarang untuk tempat bertelur dan membesarkan anaknya. Bentuk sarang burung sangat beragam.
Burung Manyarmenenun sarangnya dari rumput dan ranting pohon dengan lubang masuk antiular.burung kepodang membangun sarang berbentuk ayu-ayunan, Burung kolipri membuat sarang dari rumput dan kulit pohonsebesar buah kenari. Burung laying-layang membangun sarangnya dari tanah lumpur.
Semut membuat ruang-ruang di bawah tanah yang di hubungkan dengan lorong-lorong. Membuatsarangnya dari tanah bercampur serpihan kayu secara bergotong-royong. Binatang menyusui pemakan dagingyang bentuknya besar seperti singa, macan, dan sejenisnya, umumnya membuat rumah justru tidak seindah bangsa burung. Singa dan macan tinggal di rumah yang sederhana.
Binatang jenis rubah,rase, dan landak umumnya tinggal di gua-gua atau lubang di dekat sungai. Kudah hidup secara liar dengan cara berkelompok atau bergerombol seperti juga kijang, menjagan, antilop, zebra, dan bison.
Yang paling mengagumkan membangun rumah adalah binatang beaver,yaitu binatang se Jenis tikus besar. Mereka membangun rumah di tepi atau di dalam sungai. Labah-labah air membangun rumah di antara tumbuh-tumbuhan air. Bentuknya seeti kubah yang diisi gelembung udara.
Rumah-rumah yang mereka bangun bentuknya sangat aneh tetapi artistic,mengandung nilai seni yang mengagumkan.









BAB 7
Belajar Untuk Hidup


A.    Bahasa Binatang
Hanya manusia saja yang mampu berbicara. Meskipun demikian, sebagian besar binatang  memiliki cara-cara tersendiri untuk berkomunikasi. Binatang memiliki empat cara untuk berkomunikasi, yaitu:
1.      Pesan Melalui Isyarat
Isyarat pada binatang di sampaikan kepada yang lain tanpa menggunakan bunyi. seperti, semut, lebah madu, kepiting fiddler jantang.
2.      Pesan Melalui Bunyi
Binatang memberi pesan melalui Bunyi yaitu menyuarakan kode-kode atau tanda tertentu misalnya, burung, singa, serigala, kucing, dan lain-lain.
3.      Pesan Melalui Bau
Daya penciuman dan bau sangat menentukan untuk di pergunakan sebagai sarana berkomunikasi antarbinatang, contonya Ikan, semut, anjing.
B.     Rantai Makanan
Di dalam kelompok binatang pemakan daging berlaku hokum rimba, siapa yang  kuat, dialah yang menang. Rangkaian makan-memakan atau siapa makan siapa ini disebut rantai makanan.
C.    Permainan Binatang
Banyak binatang menyusui mengajari anaknya dengan cara bermain bersama. Seekor induk memperlihtkan bagaimana cara menyerang dan menerkam berulang-ulang sampai anaknya menirunya.
D.    Perlindungan Induk Betina dan Jantan
      Binatang menyusui atau mamalia sangat memerhatikan perawatan anak-anaknya. binatang repril seperti buaya, seperti kodok, serangga, dan ikan tidak memerhatikan keturunannya.
E.     Menjaga kebersihan
      rupanya binatang juga mengenal kebersihan dan selalu menjaga tubuhnya dari kotoran maupun dari parasit  yang menganggu. Seperti anjing atau kujing, Gajah, Babi hutan,Kera, dan burung.




BAB 8
MenghadapiMusuh


        Setiap binatang harus dapat melawan, menghindari, atau mengecohkan dan    memperdayakan musuhnya. Berbagai cara yang dilakukan berbagai jenis binatang dalam menghadapi musuhnya sugguh sangat mengagumkan dan menarik.
A.       Melawan Musuh
       Contoh binatang melawan musuh seperti, lebah, kucing, sapi, kesturi, binatang sigung, ular, armadillo, landak, pangolin, jenis ikan, dan belut. Ular, kumbang, lebah, dan kalajengking menggunakan senjata racun untuk melawan musuh.
B.       Menghindari Musuh
       Binatang-binatang yang lemah dan tidak memiliki senjata, nasipnya sangat kasihan. Contoh binatang menghindari musuhnya seperti, kelinci menggantungkan keselamatan dirinya pada ketajaman penciuman, dan pendengaran, tikus kanguru, zebra, rubah, kucing, raccoon, bengkarung, dan burung jalak.
       Hanya dengan jalan menghindar disertai cara-cara tersebut binatang-binatang lemah  dapat selamat dari bahaya serangan musuh.
C.       Memperdayakan Musuh
       Banyak binatang yang mempunyai cara menyamarkan diri secara alami dengan keaadaan kekitarnya. Cara menyamarkan diri seperti ini disebut kmuflase.
       Bunglon, ngegat, bengkarung, sejenis ikan, sejenis serangga, kupu-kupu, ular rumput, dan jangkrik dari italia. binatang tersebut menyamarkan diri melalui mengubah warna kulitnya, dan menyerupai alam sekitarnya.













BAB 9
Mempertahankan Wilayah Kekuasaan


Setiap jenis binatang saling bersaing untuk memperoleh wiayah yang terbaik artinya wilayah yang memiiki banyak sumber makanan. Beberapa binatang yang hidup berkeompok, seperti anjing hutan dan serigala membutuhkan wilayah kekuasaan. Burung  Elang dapat mempertahankan wilayahnya sampai 70 kilometer persegi. Salah satu cara mempertahankan wilayah kekuasaan adalah dengan cara menakut-nakuti pendatang.
Perkelahian untuk mempertahankan wilayah kekuasaan acapkali berakhir dengan menyedihkan. Wilayah kekuasaan banyak ditandai dengan bau-bauan. Babi hutan menandai wilayahnya dengan bau kencing. Ikan menandai wilayahnya dengan gerakan-gerakan. burung  seringkali membawa mangsa binatang besar, seperti ank ayam dan anak kambing.
Burung elang  tidak akan memusuhi burung pemakan serangga karena berbeda kepentingan jenis makanannya.

Hidup bermasyarakat     
            Binatang juga hidup bermasyarakat, dalam bepergian mencari makanan, bertempat tingga, memelihara anak-anaknya, dikerjakan secara berkelompok, atau bersama-sama dengan yang lain. ada pula binatang yang lebih suka hidup menyendiri, misalnya harimau.
Binatang yang hidup berkelompok sepanjang masa, misalnya pada jenis kera. Kera baboon hidup bermasyarakat ebih teratur.mereka mencapai anggota 300 ekor baboon. Jenis ikan juga banyak yang hidup berkelompok. Umumnya yang berkelompok adaah ikan-ikan kecil.
Zebra, antiop, rusa, dan kambing yang berpindah-pindah tempat secara berkawasan. Binatang serangga lebih banyak hidup secara berkeompok. Semut, rayap, dan lebah hidup secara besar-besaran. Satu sarang lebah madu dapat berisi 50.000 ekor lebah. Rayap pun tidak berbeda dengan lebah.

     







BAB 10
Perjalanan Jauh untuk
Kelangsungan  Hidup


Setiap tahun binatang yang hidup di belahan bumi utara akan merasakan atau mengalami empat musim. Binatang reptil dan amphibi, pada musim gugur umumnya banyak makanan sehingga tubunya menjadi gemuk. Di saat musim dingin tiba, binatang ini hidup dari lemak sambil mengeram diri di lubang atau sarang. Apabila musim semi datang, binatang tadi sudah menjadi kurus  dan kelaparan. Burung-burung arktik terbang menjelajah sejauh 35.000 kilometer setiap tahun ked an dari antartika.
Beberapa binatang lain juga berimigrasi, misalnya kupu-kupu monarch, ikan salmon, ikan paus, anjing laut, singa laut, walrus, sidat Eropa, karibu, rusa, dan burung layang-layang. Binatang-binatang ini pergi jauh menjelajah untuk kelangsungan hidupnya.
Dalam menentukan arah, naluri memegang peranan penting. Tetapi tampaknya, seperti pelaut dan burung menggunakan matahari, bulan, dan bintang sebagai petunjuk perjalanan. Dalam jarak dekat burung menggunakan penglihatannya untuk menemukan arah ke dan dari sarangnya. Kucing atau anjing  yang dibuang ke tempat jauh dari rumah dengan tubuhnya  dibungkus karung, ternyata dapat pulang kembali ke rumah semula.

Transit atau Singgah Sementara
            Rombongan binatang penjelajah mengadakan transit, yaitu singgah sementara di suatu tempat untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan kembali.
Daerah Ujung kulon di provinsi Banten, jawa barat merupakan salah satu tempat transit bagi rombongan burung yang sedang bermigrasi tersebut. Dalam beberapa hari kemudian rombongan itu lenyap, tidak tampak lagi karena meneruskan perjalanannya.










BAB 11
Musuh yang Kejam dan Ganas


Siapa yang kuat, dialah yang menang. Siapa yang lemah akan menjadi mangsa bagi yang kuat. Musuh-musuh bagi binatang yang lemah ternyata tidak selalu datang dari binatang berbadan besar.banyak binatang-binatang kecil yang ternyata memiliki watak kejam,rakus, dan ganas.
Binatang darat yang berbadan besar dan sudah umum diketahui kekejaman serta keganasannya adalah singa, harimau, dan leopard. Ketiga binatang bangsa kucing ini pandai menangkap mangsanya. Di antara kelompok burung, alap-alap adalah burung ganas dan kejam.selain ia pandai menyergap burung-burung kecil sedang terbang di udara, alap-alap juga tangkas menyambar ular di tanah. Burung rajawali dan elang juga termasuk burung ganas dan kejam.
Selain burung di atas, laba-laba adalah conto binatang darat berbadan kecil, tetapi memiliki watak kejam dan ganas. Semua jenis laba-laba adalah perampok. Di Amerika ada jenis laba-laba besar pemakan burung. Dengan empat kaki yang masing-masing sepanjang 10 centimeter, laba-laba ganas itu juga sering memangsa tikus besar.
Binatang amphibi yang ganas adalah buaya. Binatang ini terkenal kejam dan memangsa apa saja yang mendekatinya, mulai dari serangga, ayam, sampai manusia dilahapnya.
Kelompok ikan yang paling tekenal rakus, kejam, dan ganas adalah ikan hiu, contoh ikan hiu yang kejam ,rakus, dan ganas adalah hiu gergaji, dan hiu biru. Karena keganasannya, ikan hiu sering disebut hantu laut.
Ikan paus meskipun tubunya besar, tetapi tidak serakus dan seganas ikan hiu. Piranha adalah jenis ikan kecil, dan ikan barakuda termasuk ikan ganas, dan kejam.
Semua binatang-binatang rakus dan ganas ini menjadi musuh dan bahaya utama bagi binatang yang lemah.


disusun oleh:niko santo ba'ru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RANGKUMAN BUKU ILMU PENGETAHUAN POPULER JUDUL: DUNIA BINATANG YANG MENGAGUMKAN KARYA: WAHYU DEWANTO                  ...